Memancing, Buang- Buang Waktu ?















                                                  https://www.kompasiana.com/aidilfitriani

Memancing
Memancing pada dasarnya adalah membuang buang waktu ...kata sebagian orang yang  hobbynya bukan memancing ..
Padahal sama saja seperti hobby yang lainnya..  membaca, nonton film, shooping, traveling  dan naik gunung, semua mempunyai keasikan, kesenangan, suka dukanya tersendiri.

Saya mempunyai hobby ini..sedari kecil, sewaktu abah saya dipindah tugaskan kedaerah yang mempunyai latar sungai yang luas. sehabis pulang sekolah selalu menyempatkan memancing dengan peralatan yang seadanya. Banyak pengalaman yang didapat ketika memancing.
Salah satunya di hadang buaya ditengah tengah sungai, untunglah ada orang tua yang sedang lewat dengan perahunya..entah ada pengaruh mistis atau kebetulan. Saya lihat orang tua atau sikakek saya menyebutnya memukul mukulkan alat dayungnya sambil memercikan air ,,dalam waktu singkat buaya itu pergi. Kenapa saya menyebutnya mistis, karena kejadian itu sore menjelang maghrib tinggal saya yang anak anak sendiri di tempat sebrang yang harus menyebrangi sungai yang memang tidak jauh dari tempat tinggal masyarakat.
Senangnya ,,, saya dan teman saya memakai perahu menyebrangi sungai masuk kedalam rimbunan rerumputan yang menjalar membentuk semacam gua diatas air..kami masuk kedalamnya dengan membawa peralatan dapur lengkap. Ada panci untuk memasak nasi, tungku dan kayu yang dibakar,  garam, cabe, serta cobek dan uleknya..saatnya memancing ...pakaikan umpan dari belalang kecil yang sebelumnya kami dapatkan dari menangkap dihamparan ilalang dihutan pinggiran kampung.
wah senangnya dapat ikan banyak.. sambil memancing teman saya membakar ikan ,, bikin sambel seadanya .. mantappp..
sayangnya kenangan  saya dan teman selagi kecil,,masih tersimpan rapi...tetapi tempat gua kecil diatas sungai tidak ada lagi setelah puluhan tahun saya kembali lagi ketempat dulu.
Senangnya dengan memancing, dapat pengalaman baru,,dengan mendatangi tempat tempat yang baru
teman baru, pemandangan baru, serta kuliner yang enak enak.

Memancing itu tidak hanya sekedar duduk diam membuang waktu berjam - jam..ada banyak hal yang perlu diketahui oleh kita semua. Pemancing itu ada tipe tersendiri ..hemmmm ...ini menurut sepengetahuan saya ..kalau kurang mohon ditambah sendiri y ..
1. Pemancing biasa
    Menggunakan joran pancing seadanya ...pakai kayu ..bambu..atau apa saja untuk mengaitkan kail dan umpan ..umpannya seadanya ..boleh Indomie yang direbus ..dibuletin sama tepung ... kemudian tepung diaduk aduk dikasih pewangi ..( ngalah - ngalahin ..yang makan dirmh y ..),,cacing,, belalang,ulat bambu, anak semut, tergantung ikan yang makan sih ..tinggal kreatif pemancing saja.. Mancingnya ..dirawa boleh, disungai boleh, danau boleh ..atau didepan belakang rumah yang ada aliran airnya pun boleh.. pakaian pemancing ..y seadanya ..boleh celana pendek,, panjang ..boleh celana pendek , celana panjang yang robek ..robek ..keren kan ..nggak perlu beli mahal - mahal ..sudah berangkat ....
2. Pemancing Galatama
    Menggunakan joran pancing seadanya ( seadanya duit ..kalau banyak duit lihat joran dan reelnya ) umpannya harus pandai pandai meracik..untuk mendapat umpan yang joss...Mancingnya harus di kolam yang disediakan alias pemancingan yang sudah terlisensi oleh para pemancing. memakai durasi waktu ..tidak seperti mancing biasa yang mau jam berapa saja berangkat ..Tapi disini ikannya yang didapat tidak boleh dibawa pulang ..yang boleh dibawa pulang adalah hadiah dari sponsor atau doorprize yang didapat.
Nah pemancing dikelompok ini ..biasa adalah pemancing yang sudah berpengalaman ..ketika mereka sibuk belum ada waktu yang lama untuk pergi memancing ..biasa mereka memancing disini sambil melepas kerinduan akan memancing ..dan mengatur jadwal untuk jadwal keberangkatan berikutnya ..rata - rata mereka memancing dilaut .
3. Pemancing di laut
   Nah ini mereka yang sudah mempunyai pengalaman yang luar biasa.. tidak hanya persiapan umpan , joran , reel, perlengkapan mancing yang lainnya..pakaian ..biasanya kalau perlengkapan lainnya adalah menyewa kapal yang sudah mendapat lisensi dari pemancing pemancing lainnya. Kemudian memerlukan biaya yang banyak ..

   Tapi banyak anggapan yang salah ...!!!
Bahwa memancing harus selalu mendapat ikan...memancing itu sama dengan keberuntungan atau tergantung rezeki ..pernah mancing dari pagi , sore , malam sampai pagi lagi ..nggak dapat apa - apa dapat capek nya iya... tapi pengalaman nya luar biasa ..bisa saja umpan kita salah, cuaca yang tidak pas, peralatan kita yang tertinggal, spot mancing tidak suport alias tidak dapat izin untuk dipancing. sebaiknya kalau ada kakak, adik, suami, isteri ,,kerabat yang pergi memancing doakanlah mereka semoga pergi dan pulang dalam keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun.
Mengapa memancing itu rata - rata orangnya pendiam ..ya pendiam pada saat konsentrasi melihat ujung joran saat ikan makan umpannya..kalau bicara ..atau tengok kiri kanan ..ikannya lepas.. karena setiap ikan punya gaya makan umpan sendiri - sendiri ..nggak bisa dipaksa ..he .. he..
Gitu y ..sekarang pahamkan ...
Mengapa pemancing itu pendiam ...
Mengapa pemancing itu suka alam ...
Mengapa pemancing itu suka jalan - jalan ...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

AKSI NYATA MODUL 1.4.a.