Menulis, Semudah Chatting ?


Bismillahirrahmannirrahim
Assalamu'alaikum Warrahmatullahhi Wabarakatuh 
Belajar Menulis Bersama Omjay
Gelombang 13
Catatan Resume : Aidil Fitriani
Kuliah pertemuan 22
             Hari / Tanggal : Jumat, 17 Juli 2020 Pukul : 19.00 s/d 21.00
      Pemateri : Bapak AMIR FAISAL ( Spiritual Quantum )
Trainer Amir Faisal, Business Inspirator CN : 08157698288
International Certified on NLP & Persuassive Communication
www.spiritualquantum.com

omjaylabs@gmail.com


Malam ini adalah pertemuan ke 22, Menulis bersama omjays dengan ibu moderator Ibu kanjeng yang super ramah serta bersama Narasumber hebat Bapak Amir Faisal. Yuk kita baca profil beliau : https://www.spiritualquantum.com/about/amir-faisal/

Platform Digital (PD): Menulis Buku Semudah Chatting

 

PD ini adalah practicing (No theory).

1. Praktekkan tips-tipsnya mulai dari Episode 2 sampai 12

2️. Subscribe dulu sebelum menyimak / mempelajari video-video saya sebagai syarat sah atau akadnya.

3️. Tahap pertama saya upload Video 1 - 4, dilanjutkan dengan tanya jawab. Jika masih ada waktu, akan saya upload Video-video berikutnya.

Sesudah training OL berakhir, pertanyaan bisa dilakukan dengan menulis Komen di youtube yang berkaitan

Video 1 : Kiat Menembus Penerbit Nasional

https://www.youtube.com/watch?v=-VRlzTu_O4M&feature=youtu.be

Video 2 :
Menghilangkan Rasa Tidak Pede Menulis

https://www.youtube.com/watch?v=tAsYc2HSMLw&feature=youtu.be

Video 3 :
Prinsip-prinsip Free Writing


https://www.youtube.com/watch?v=3fOFdamWGw4&feature=youtu.be

Video 4 :
Memahami Pikiran Pembaca

https://www.youtube.com/watch?v=TqghX2Fn7EY&feature=youtu.be

Video 5 :
Topik-topik yang Disukai Pembaca

https://www.youtube.com/watch?v=5kSLoIkWSvA&feature=youtu.be

Video 6 : 4 Strategi Mensugesti Pembaca

https://www.youtube.com/watch?v=bQN9lN7TnRM&feature=youtu.be

Video ke 7 :
Trik Membuat judul dan Sinopsis

https://www.youtube.com/watch?v=9CxQAlDBpCM&feature=youtu.be

Video 8 :
Contoh-contoh Sinopsis

https://www.youtube.com/watch?v=1anAIsYsM7M&feature=youtu.be

Video 9 :
Membuat kata pengantar yang mendorong orang untuk penasaran membeli buku

https://www.youtube.com/watch?v=__gi2yhBY50&feature=youtu.be

Video 10 :
Membuat Endorsement dan kontens buku ala David Beckhart

https://www.youtube.com/watch?v=Av9CZeBER90&feature=youtu.be

Video 11 :
Membuat Kontens Buku ala Robert Cialdini dan Joe Vitale

https://www.youtube.com/watch?v=zk90va9pMoA&feature=youtu.be

Video 12 :
Membuat Pattern of Language ala Milton Erickson

https://www.youtube.com/watch?v=Y2RVqivT6OI&feature=youtu.be
Bacaan wajib :



https://amirfaisal227586877.wordpress.com/2018/04/07/belajar-hypnowriting-trainer-amir-faisal-0815-769-8288/

Malam ini beliau memberikan link channel youtube beliau untuk ditonton, supaya menambah ilmu pengetahuan para peserta menulis. Tetapi lagi - lagi waktu yang terbatas hanya 2 video yang sempat ditonton. yaitu video 2 dan video 5



Tidak harus ke empat video disimak semua.

Tetapi usahakan minimal Video 1nya dibuka, supaya ada setrum energi antara saya dan peserta.

Teman-teman yang menyimak youtube juga pada kasih komen, tapi belum semua saya jawab🤔

Rata-rata mengatakan terinspirasi, dan jadi bangkit semangat menulis

Sessi Tanya Jawab :

 1. Selamat malam Pak Amir, terima kasih ilmunya malam ini. Saya Katmie dari Palangka Raya. Tadi saya menyimak tentang bagaimana membaca pikiran pembaca. Saya mau bertanya: jika kita fokus menulis nonfiksi, kog rasanya sulit untuk membaca "kemauan pembaca" tulisan apa yang akan mereka sukai. Nah, bagaimana itu Pak, mohon pencerahannya. Terima kasih🙏🙏
@ Yang ingin bertanya hasil nonton youtube boleh ke saya dulu ya

2.Ass war wab Pa Amir ijin bertanya:
1. Bagaimana menembus penerbit agar buku kita dicetak, soalnya saya bberp kali ditolak dg berbagai alasan
2. Apakah kita mengutif tulisan dari internet sbg bahan bacaan dianggap plagiat tidak?
Terima kasih, Was

3.Menonton dan menyimak tulisan Pak Amir rasanya ingin menulis dan yang nyesak jadi unek-unek tapi selalu pertimbangannya apakah tidak membuat orang lain tersinggung tapi rasanya saya jadi semangat sekarang untuk giat menulis, semoga bisa 😁💪🙏

4.Selamat malam Pak Amir
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Bagaimana cara menumbuhkan cara percaya diri untuk menulis di usia yang sudah senja... maaf sudah over sek alias lebih dari 55 tahun?
Terima kasih
Jawabannya ada di video 5 Pak

https://www.youtube.com/watch?v=5kSLoIkWSvA&feature=youtu.be

5.Selamat malam pak Amir, terimakasih msterinya sangat menarik ,menulis unek- unek ini terkadang masih malu,dan kurang pd,bagainana menhilangkan rasa yg kurang pd ini.trims  dari Ibu Lusi.
Jawaban 1. Sudah saya jelaskan secara rinci di Video1

Jawaban 2 : Untuk Gramedia grup tidak boleh copas dari internet. Kalau referensi bisa.

Mengenai referensi: Baca artikel saya Belajar Hypnowriting

Selamat malam Pak Amir
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Bagaimana cara menumbuhkan cara percaya diri untuk menulis di usia yang sudah senja... maaf sudah over sek alias lebih dari 55 tahun?
Terima kasih
@ Bahasa diolah jadi story telling Ibu
@Coba Ibu Aning simak lagi di Video 2 dan 3, serta Artikel Belajar Hypnowriting
@ Jawabannya sama dengan jawaban pada Ibu Aning
Pertanyaan ini sudah saya jawab
(SKROLL UP)
6. Selamat Malam Bapak. Sungguh Anugerah TERINDAH DI BALIK PANDEMI..malam ini bisa menyimak paparan Bapak melalui yuotube .. LUAR BIASA SNGAT.MENGINDPIRASI.
Nama saya NI Ketut Suastiwi Guru TK Negeri Desa'Tusan Kecamatan Banjarangkan Klungkung Bali. Kebetulan sekarang sedang belajar menulis OTTOBIOGRAFI saya. Salah satu yg pernah saya baca adalah dgn memunculkan " Konflik utama". Pertanyaan saya ketika saya mengungkapkan konflik itu apakah pihak lain yg diajak berkonflik tidak marah kalau disebut kan namanya.Mohon Petunjuk Bapak.hatur Nuhun

7. Assalamualaikum Bu Kanjeng dan Pak Amir,
Saya bu sri dari bantul,  jogjakarta, mau bertanya konsep hipnowriting itu garis besar tekniknya realnya seperti apa biasanya dijelaskan panjang dan lebar gitu
 Mohon maaf terima kasih
@ Dalam media apapun, hindari penyebutan nama, jika itu berkonotasi negatip

Bahkan narasi kisahnya juga harus disamarkan.

Dalam video 2 itu, mencurahkan uneg-uneg, dimaksudkan untuk latihan menghilangkan anggapan bahwa menulis itu sulit.
Dimana sulit nya mengungkapkan rasa jengkel pada orang?

TETAPI BUKAN UNTUK DIPUBLISH
@Teknik riil, misal Anda membuat narasi manfaat, keuntungan, harapan, menyanjung, memberi model, itu sudah termasuk narasumber hypnosis

8.Salut saya dengan Pak Amir Faisal. Ilmu yang Bapak bagikan sangat memotivasi. Ringan dan bermakna. Tapi saya sangat kesulitan untuk menuntaskan bagian ending. Terbentur dengan hilangnya ide, karena sibuk memikirkan agar tulisan tidak lari dari tema, pemilihan diksi, alur yang kuat, dan poin lainnya sebagaimana yang Bapak sampaikan dalam tulisan hynowriting. Saya akhirnya membekukan tulisan saya. Mohon saran Bapak. Terima kasih.
(HAMDANI - KEPRI)

9.Mohon ijin bertanya pak amir
Saya
Dwi Mulyanti dari SMKN 1 Kademangan Kab. Blitar Jawa Timur
Saya tertarik dengan menulis opini di sebuah surat kabar
Nah,yg saya tanyakan
Trik menulis opini dalam surat kbr itu seperti apa ya pak?supaya argumen atau opini kita tepat sasaran dan diterima
Terimakasih

@Pertama : Kalau nulis, justru jangan terlalu banyak mikir🤔. Ngalir aja Pak. Pokoknya curhat saja apa yang ada dalam sanubari Bapak. Baru nanti dibaca ulang dan dikit lagi.

Kedua ; Tidak usah takut kehilangan ide selama Bapak masih fokus pada masalah / barter yang dihadapi

Ketiga : Membuat endingnya memang gampang-gampang susah. Tetapi semakin tinggi kita membuat target  akan semakin sulit mengakhiri buku.
Saran saya sederhanakan masalah

Keempat : Diksi itu akan semakin menggigit, sejalan dengan semakin sering menulis. Jika sudah menulis 7000 jam keatas  otomatis diisi semakin bagus.

Tetapi sekali lagi itu gak usah dipikirin. Apa yang kita mampu buat, kita yakini bahwa itulah karya terbaik kita saat itu.
Saya sendiri kalau membaca tulisan saya 5- 6 tahun yang lalu juga sering senyum-senyum sendiri🤔

10. Mohon ijin bertanya pak amir
Saya Dwi Mulyanti dari SMKN 1 Kademangan Kab. Blitar Jawa Timur
Saya tertarik dengan menulis opini di sebuah surat kabar
Nah,yg saya tanyakan
Trik menulis opini dalam surat kbr itu seperti apa ya pak?supaya argumen atau opini kita tepat sasaran dan diterima
Terimakasih

@Sebaiknya ibu cari model di media, gaya-gaya penulisan yang viral dan disukai orang banyak. Kemudian pilih yang genrenya paling cocok dengan selera Ibu.

Saya awalnya juga begitu, sebelum menemukan gaya dan karakter saya sendiri
Trimkasih atas motivasi dan inspirasinya pak.

11.Apa ada kiat dari bapak bagaimana cara menjaga  mood menulis? Karena saya pernah menulis artikel sekali duduk sepeminuman kopi. Bahkan kopinya belum habis, tulisannya dah kelar. Saat dikirim ke koran langsung terbit esok harinya. Tapi kadang seharian atau semalaman gak beres2.

Bgaimana menjaga mood?

Mohon juga tips mengatasi kebuntuan ide saat menulis.

Syamsuddin di Bogor

@Bapak lebih hebat dari saya dong ....

Kalau Bapak terapkan prinsip-prinsip Free Writing di Episode 3 Insya Allah tidak mungkin kehilangan ide

12. Ass wr wb
Mhn izin bertanya
Sy Aidil Fitriani ..dri Gel 12
Apakah saat menulis kita harus bisa menyamakan persepsi kita dengan calon pembaca ..sedangkan kita tidak memahami peta mental dari calon pembaca ..yg saya nntn di youtube video 5
Terimakasih pak 🙏🏻
@Persepsi secara umum saja Ibu (bukan persepsi secara individu)

Umumnya orang suka ......
Tidak suka ............

Sebab tulisan dibuat menggunakan peta mental Ibu, sementara pembaca, masing-masing punya peta mental yang berbeda.

Tetapi ada common sense, ada kesukaan dan ketidaksukaan yang umum.

Kemudian juga umumnya orang, suka dibuat penasaran / curious, disanjung, diberi harapan, dikasih model/ contoh dst


@Baiklah
Bagi teman-teman yang karena suatu sebab hari ini belum bisa menyimak YouTube saya, silahkan dinikmati pada kesempatan yang lain.

Silahkan ajukan pertanyaan di Youtube yang sesuai dengan kontennya


#Semogabermanfaat

#SemogaSukses

#Terimakasihomjay,ibukanjengdanBapakAmirFaisalatasberbagiilmunya





Komentar

  1. Mantap Ibu menyimak dan.mrresume.dengsn baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bu kanjeng ..Terimakasih sudah suport saya ..sukses y bu

      Hapus
  2. Balasan
    1. Alhamdulillah ..saya terkendala kesibukan minggu minggu ini bu ..saya mncoba untuk buktikan saya bisa ...semangat bu

      Hapus
  3. Balasan
    1. Alhamdulillah Terima kasih bu Dhewi ..inspirasi slm sukses y bu

      Hapus
  4. keren. trus brkarya dgn tulisan.

    http://elanjaelanialfatih.blogspot.com/2020/07/resume-kuliahelanpertemuan-ke-2117-juli.html

    Kepada Yth Bapak/ Ibu dipersilakan untuk berkunjung.
    smg brmanfaat.

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Alhamdulillah bu Anik ..suportnya selalu dinanti

      Hapus
  6. Resume yang sangat memandu bakat peserta yang lain, bagus sekali....selamat dan sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Terimakasih ..smg bermanfaat y pak

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

AKSI NYATA MODUL 1.4.a.