Pandemi, Penerbit dan Buku
Bismillahirrahmannirrahim
Assalamu'alaikum Warrahmatullahhi Wabarakatuh
Belajar Menulis Bersama Omjay
Gelombang 13
Catatan Resume : Aidil Fitriani
Kuliah pertemuan 19
Hari / Tanggal : Jumat, 10 Juli 2020 Pukul : 19.00 s/d 21.00
Pemateri : Bapak Agus Subardana, S.E., M. M, CDSDirektur Pemasaran Penerbit ANDI
Agus.subardana@gmail.com
https://literasikangagus.blogspot.com/
Channel Youtube : Literasi By Agus
Bertemu kembali malam ini bersama Narasumber Hebat dari Penerbit Andi yakni Direktur Pemasaran Bapak Agus Subardana. Malam ini beliau menyampaikan materi dengan Tema Dampak Penjualan Buku selama Covid - 19.
Seperti pada Silde Gambar diatas bahwa Dampak penjualan buku selama covid - 19 . Pemasaran Buku, jaringan toko buku seluruh Indonesia, selama kurun waktu hampir 4 bulan ini tutup. Banyak orang yang takut ke Toko buku yang ada Di Mall.
Review tentang Dampak Covid -19 terjadinya Penurunan omzet toko buku sekitar 70 - 80 %. Banyak penerbit yang gulung tikar selama Pandemi ini.
Selama pandemi ini, Grafik pengunjung ke toko buku khususnya Gramedia mengalami turun naik.
Bagan Digital Marketing disesuaikan dengan Sistem Marketing supaya kita tetap Eksis. Inilah gambaran - gambaran dalam ranah Digital Marketing.
Kenapa kita harus memakai Digital Marketing ?
- Karena DM sangat Efektif sekali untuk pemasaran Buku untuk meningkatkan penjualan.
- Tetap Berhubungan dengan Pelanggan buku dengan Media Sosial
- Pastikan buku yang kita jual mudah ditemukan di online ( Website, Market place : Buku lapak, tokopedia, shopee, belanja dot.com. Medsos : WA, Instagram, facebook, youtube beserta Reseller untuk memasarkan buku ke konsumen ) Upaya mempertahankan buku supaya tetap di minati konsumen
Strategi Pemasaran BUKU di Masa Pandemi
- Strategi penjualan buku, Pemasaran yang paling efektif lewat komunitas - komunitas sesuai dengan kategori produk. Misalnya Kategori Novel ke komunitas Novel, sarana penunjang pendidikan ke komunitas pendidikan gunanya untuk membentuk, menghubungkan tentang informasi produk - produk yang di terbitkan
- Harus punya Tim dan selalu tampil yang terdepan, tercepat, tertepat, pertama ( dalam situsia Pandemi ) kita harus cepat dan tetap sasaran sesuai dengan kategori pasar yang kita bidik dibanding dengan kompetitor lainnya
- Penawaran Promo - Promo khusus, Memberikan diskon, Rabat yang lebih untuk menarik konsumen. Event Event Kegiatan WEBINAR lewat WA, Zoom, Channel youtube Live streaming sebagai guna menarik konsumen dan meningkatkan Penjualan sebagai sarana promosi penerbit sebagai pelaku Industri buku.
- Brand yang tanggap situasi dengan menumbuhkan empati. Cepat merespon yang membeli buku serta cepat mengirim buku. Mencarikan informasi sesuai keinginan konsumen, apabila ada komplin cepat memberikan solusi yang jelas dan apa adanya. Sehingga ada keakuratan, ketepatan serta terukur, terencana apabila ada yang meminta penjelasan yang lebih detil.
- Sistem Mobile Marketing, Email Marketing ada edukasi peningkatan jumlah konsumen.
- Personalize Marketing, Dapat menampilkan iklan atau informasi dengan target orang secara personal. adanya Tekhnologi yang mampu mengidentifikasi Karakteristik sesuai dengan karakter konsumen
- Continues Marketing, Pemasaran berkelanjutan yang menghubungkan semua lini pemasaran dengan media sosial menyasar pengguna sosial media, sehingga dapat di evaluasi dengan akurat
- Terintegrated Digital Marketing, Menggabungkan semua DM digunakan dalam sebuah Website / Tool sehingga dapat berjalan secara sederhana memiliki dampak yang luar biasa, terinformasikan , terkoneksi antara media sosial lainnya
- Content Marketing, Memberikan Informasi yang beragam disediakan berupa Video, teks, gambar, Artikel,hasil riset, dll. Informasi tersedia harus relevansi dengan usaha bisnis yang di miliki. Memiliki manfaat bagi konsumen,
- Visual Marketing, Sangat penting tidak hanya dunia nyata tapi juga digunakan di dunia maya yang memerlukan banyak pihak untuk bekerjasama menyediakan gambar visual yang tajam yang banyak manfaat bagi konsumen
- Peran Besar Google Adwords, meningkatkan peforma marketing. Sarana berbayar namun potensi return yang dihasilkan sangat besar. yang membawa banyak visitor ke website tujuan
- Mengembangkan perpustakaan, sehingga penerbit bisa memberikan gambaran atau menyuplai buku
- Kebijakan Dana Bos, maka sekolah bisa mengalokasikan dana untuk membeli buku
- Potensi buku untuk sekolah, Penggunaan dana tersebut untuk membeli buku pendamping dan buku peminatan
Kalimat Penutup :
" Menulis adalah berjuang,
Penulis adalah Pahlawah yang akan dikenang selama - lamanya.
Lembaran karya adalah medan pertempuran
Pena adalah senjatanya,
Buku adalah gudang ilmu
Kuncinya adalah membaca
Membaca adalah Jendela Dunia."
Sessi Tanya Jawab :
- Endang Rima Widyaningsih, SD TERPENCIL BUKIT INDAH. Ijin bertanya: Bagaimana pendapat bapak Agus Dana selaku Direktur Pemasaran Penerbit ternama tentang tren buku dengan bentuk Softcopy dalam hal ini tentang kelegalannya @
- ( Aam Nurhasanah )Bagaimana sistem pembelanjaan buku paket melalui Siplah. Apakah bisa buku di bayar setelah bukunya sampai ke sekolah???? Saya kebetulan kepala sekolah SMP yang sedang mencari buku ajar di siplah pak. Terimakasih @ https://youtu.be/LVCWSP0gHbk
- Assalamualaikum wr.wb
Andy Muhtadin Beltim-Babel
Pertanyaannya:
Bagaimana cara kita bekerja sama dalam memasarkan buku kami sebagai penulis dg pihak penerbit marketing dalam memasarkan buku karya solo, karya bersama.
Atas jawabannya terima kasih @Penerbit dan penulis bekerjasama dalam promosi dengan bedah buku, webinar. dari hasil penjualan penulis mendapatkan Hak royalti. bilamana penulis inginmmemasarkan sendiri penerbit akan memberikan diskon atau rabat rata rata 30 % sampai 40 %. - Mhn maaf, ijin bertnya
Sblmnya perkenalkan saya, Sunaryo, dri Berau, Gelb.11
Pertanyaan:
1.Apa peran yg diharapkan oleh penerbit (terutama bag.pemasaran) terhdp penulis utk ikut andil dlm menghadapi kondisi pemasaran buku saat ini akibat covid 19 ?
2.Apa harapany dg peran para guru dg kondisi saat ini spy pemasaran buku bs sgr pulih ?
Pertanyaan lanjutan
3.Adakah stimulus dri penerbit yg ditujukan kpd para penulis & guru spy bs ikut andil memulihkan kondisi pemsran buku mnjdi lbh baik lg ? Klo ada, wujudnya sprti apa ?
Terimakasih @ Peran yang diharapkan dari penerbit : Penulis bisa berkolaborasi untuk promosi bersama lewat media sosial dan dengan komunitas yang ada. Bekerjasama antara penulis dan penerbit. Fasilitas lewat webinar, Zoom, Wag, Peran guru membangkitkan semangat baca, memberikan motivasi untuk gemar membaca agar berdampak kepada siswa agar membaca buku di perpustakaan masing - masing. daring saat pandemi siswa di beri tugas dengan membaca dirumah. Stimulus yang diberikan penerbit kepada penulis : 1. Rabat / diskon kepada penulis, juga kepada guru, menambah income keluarga 2. Berupa Doorprize, hadiah buku kepada penulis , guru sebagai sample atau contoh kepada jejaring penulis yang ada. - Izin bertanya: Ai S Dewi SMPN1 Cibogo, Pak bagaimana caranya agar buku kita masuk di akun siplah dan apa syarat-syaratnya. Terima kasih @ masuk akun Siplah harus ada SK penilaian dari PURPUSBUK didaftar di website Sevice PUSBUK baru bisa masuk akun siplah maka akan terkoneksi ke akunsiplah kemendikbud, Mendaftarkan diri sebagai penyedia barang ke market place, legalnya berupa CV atau PT. ( adanya SIUP, NPWP, Legal Notaris )
# Semoga tercapai yang dicita cita
# Sukses Untuk semuanya
Mantap Bu resumenya bisa selengkap itu
BalasHapusAlhamdulillah bu ..Tq y suportnya bu ..succes y bu
HapusKeren...
BalasHapusBismillah
Sabtu, 11 Juli 2020, Postingan ke-421. Mohon doanya satu hari satu postingan di blogwww.sarastiana.com
Google Adsense di Bawah 1 Dollar?
http.sarastiana googleAdsense.com
Metode Pembelajaran Sosiodrama
www.sosiodrama.com
Model dan Metode Pembelajaran http://www.modelpembelajaran
Alhamdulillah Terimakasih suportnya Pak .sukses y pak
Hapusblog yang keren ...
BalasHapusAlhamdulillah Terimakasih ibu ..succes selalu y bu
Hapus