KONFERENSI BLOGGER PGRI : Peran Guru dalam Mensukseskan PJJ



Dibuat Oleh Aidil Fitriani, S. Pd.,M. Pd
Email : af795516@gmail.com
www.kompasiana.com/aidilfitriani

omjaylabs@gmail.com
AssalamualaikumWr Wb

Konferensi Guru Blogger PGRI " Peran Guru Blogger PGRI dalam mengembangkan Ekosistem Sekolah Berbasis TIK. " yang di pandu oleh Omjay Host yang humble, Smart, Dan Humoris, waktu satu jam tidak terasa. dan terlewat dari batas waktu yang ditentukan.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Yahya ( Duta Rumah Belajar Kaltim ) dengan Tema PJJ

BDR dilaksanakan dengan PJJ yang dibagi 2 ( dua ) pendekatan yakni :
Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan / online ( Daring ). Menggunakan gawai ( gadget ) maupun laptop melalui berbagai portal dari aplikasi pembelajaran Daring. Sedangkan PJJ luar jaringan / Ofline ( Luring ) menggunakan Televisi, Radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar.
Fasilitas PJJ Daring : Waktu sepanjang hari, menyesuaikan ketersediaan waktu, kondisi, kesepakatan antara orang tua dan peserta didik. Prosesnya terdiri dari ;
1.Tatap Muka Vitual melalui Video Conference, Teleconference,diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi pesan
2. Learning Management system ( LMS ) Merupakan sistem pengelolaan pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi Misalnya : pendaftaran dan pengelolaan akun, penguasaan materi, penyelesaian tugas, pemantauan hasil belajar, terlibat forum diskusi, konsultasi dan ujian / penilaian. contohnya : Kelas Maya rumah belajar, google classroom, ruang guru, zenius, edmodo, moodle,siajar LMS seamolec.
pada saat pembelajaran 1. Pra pembelajaran 2. Saat pembelajaran ( Tatap Muka virtual / LMS ) 3. Usai Pembelajaran.

Pemateri 2 : Bunda Sri Sugiastuty /Bu Kanjeng  ( www.srisugiastutypln) Kepala Sekolah SMK

" Mengapa Guru harus Ngeblog " Ketika pertamakali ngeblog tahun 2009. gabung di Blog Kompasiana dan bertemu dengan omjay. Desember thn 2013 mengeluarkan 2 buku, Ketemu dengan guru - guru hebat penulis Tiga Menara.Berteman dengan omjay yang sudah membuat group belajar menulis sampai 12 gelombang secara gratis melalui daring. omjay hebat !!!. membuat ringkasan bersama Blog GURARU, salah satu tulisan bu Kanjeng mendapatkan apreasiasi dari panitia mendapat hadiah RP.200.000,- Dapat ilmu dan dapat silaturahmi. ngeblog itu sebagai upgrade diri, mempunyai semangat untuk belajar dan belajar. Blog itu diumpamakan seperti rumah kedua tempat untuk kita curhat. Ngeblog itu banyak dapat manfaat.
1. Punya Teman
2. Menuliskan apa yang kita ketahui untuk berbagi kepada orang lain.
3. Kalau kita tekuni dunia blog bisa menghasilkan pundi - pundi rupiah.
Apa yang kita kerjakan selama niatnya baik, maka hasilnya akan baik. Buat Blog yang baik tujuannya untuk berbagi, kalau mendapatkan hasil itu adalah Bonus.Banyaklah membaca. sekarang Budaya membaca kita masih minim. lebih suka menonton dari pada membaca.Literasinya kurang. Berkumpul bersama dengan orang yang punya visi dan misi yang sama. sehingga kita terbawa arus yang baik Berteman bersama penulis. apa yang mendukung dengan dunia tulis menulis :
1. Membaca 2.Membeli buku 3. menghargai karya teman. Ubah Maindset kita jangan lagi pelit untuk membeli buku dan jangan lagi tidak ada waktu membaca. dengan membaca kita Mengerti apa yang dimaksud penulis. Dengan Menulis Salah satu solusi ketika kita sedang menghadapi masalah, jenuh.

Pemateri Ke Tiga Bapak Dedi Dwitagama Saat ini Menjadi Guru di SMKN 50 Jakarta Timur

Dalam Masa Pandemi Guru harus Menggunakan Tekhnologi. Membuat kita tersadar, kita tidak bisa mneghindar. Kalau Konsisten ,,berikan apa yang sedang anda pikirkan. Walaupun itu sangat kecil menurut anda tidak ada artinya. Tapi menurut orang lain itu ada artinya. Anda suka, Anda Bisa lakukan. sesuatu yang tidak ada artinya menjadi luar biasa. Apapun Pekerjaan anda, apapun pendidikan anda. penulis itu satu profesi yang bisa diraih. Berbagi itu tak pernah rugi. seberapa kita berbagi dengan ikhlas ..Kita akan mendapatkan balasan apa yang kita lakukan.

Pemateri Ke 4 Bapak Namin Ab Ibnu

Membangun Personal branding bagi guru blogger.
Mengajar PJJ Daring ( seperti didalam kelas ) : 1.Public speaking yang baik 2. Media pembelajaran ( Presentasi yang baik dengan design yang bagus ) 3. Tetap Berpakaian Rapi dan gesture tubuh yang baik. 4. Tidak ada aktivitas lain yang mengganggu.
PJJ Daring juga harus Menyiapkan konten Pembelajaran serta jaringan Internet.
Kita harus menjadi guru diatas rata - rata. Kreatif, menghasilkan karya dan berbagi kepada orang lain.
belajar bersama komunitas Guraru, Komunits sejuta guru ngeblog. Harus Siap Menggunakan Tekhnologi. Karya kita wajib kita publih di media sosial

1. Ibu Santy  ( Papua )
* Di Papua jaringan agak susah, siswa tidak mempunyai sarana ..bagaimana solusinya ?
* Menggunakan Blog Untuk pembelajaran, bagaimana dengan siswa yang tidak punya Blog bagaimana  mengaksesnya ?
* Tidak suka dan Malu untuk menunjukkan karya ?
^ Tugas Guru adalah Membuat orang lebih baik maka guru berhasil
^ Makin banyak belajar hasilnya akan lebih baik
^

2. Ibu Rosita ( Bengkulu )
* Kelemahan nya adalah tidak bisa menayangkan materinya ?
^ PJJ dengan daring dan luring sesuai dengan Zona nya. bisa dengan  Media sosial,TV, Radio, Modul,, menggandeng  stackholder dan komunitas lain
^ Pemetaan Yang terbatas jaringan internet

Terakhir penyampaian Informasi Tekhnologi & Pendidikan Di Era Digital oleh PT Global Distribusi Indonesia.



Tak Pernah Lelah Belajar Dan Belajar
AF2020

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

AKSI NYATA MODUL 1.4.a.