PERJALANANQ

Ketika Libur, Menyempatkan kembali ditanah kelahiran alm abah ( sebutan dalam bahasa Banjarmasin untuk Bapak ). Dari Tempat saya, menuju pelabuhan Kapal penumpang sekitar jam 09.00 pagi. Sekitar jam 10.00 Kapal yang bermuatan penumpang dan barang berjejal dan penuh sesak datang dari arah hilir. Sudah Puluhan Tahun tidak pernah mudik kampung ( dalam bahasa kami menyebutnya ) sekalian menyekar kuburan Alm Datuk dan Alm Kaik dan kakak dari alm abah. Kenapa tidak pernah lagi kesana .. karena saya hijrah kekota ......cieee ...orang kota ...jangan tertawa y !!!,,,, saya menempati ruangan atas yang memang didesain untuk penumpang yang tidak capek - capek harus bawa perlengkapan tidur ... Disini disediakan kipas angin, kasur dan bantal yang dikasih sarung yang cantik serta letaknya persis dekat jendela,, sehingga kita dengan mudah untuk melihat pemandangan diluar kapal. Yang dikangeni pada saat naik kapal ini adalah makan dikantin ( warung yang letaknya dibelakang kapal)..walaupun hanya sayur sop dan nasi, bistik, serta bermacam -macam merk Indomie serta kerupuk, minumnya ada teh es, panta, coca cola, sprite, kopi susu..teh panas ... supaya semua tahu ,,makan dan minum dikapal yang sedang melaju dipermukaan air itu sensasinya bedaaaa banget sama dirumah.. dirumah makan minumnya nikmat lebih nikmat lagi disini ..didalam kapal ini...Hayooo ..yang mau merasakan sensasinya datang kesini .. hehhehhe .. oh ya durasi perjalanannya lammma sekali kurang lebih 16 jam ..dari jam10.00 pagi sampai jam 2.00 malam.. terbayangkan capeknya... tapi terbayar semua dengan pemandangan yang ruuuaar biasa ...Sepanjang perjalanan ..saya tidak capek - capeknya mengabadikan pemandangan luar biasa ..yang mungkin sebagian orang menganggapnya biasa saja.. tapi bagi saya ini adalah pengalaman yang sangat berharga ..Duduk Teras anjungan kapal menikmati udara ..lihat kanan kiri jepret sana jepret sinj ..senangnya..menikmati pemandangan senja ...melewati kampung yang hampir selalu ada saja rumah walet ...kalau dilihat seperti kota metropolitan ... 



Sebenarnya tidak ada niatan untuk mudik kampung,, cuman teman teman satu angkatan sekolah bilang ..ah nggak mungkin saya datang kesini... karena saya pernah sekolah selama satu tahun disini, setelah itu pindah sekolah ketempat yang baru...kalau saya datang akan ditaburi beras kuning ( ini adalah adat istiadat bagi orang yang dihormati seperti tamu kehormatan ) sampai begitu ,mereka menganalogikan saya ,,, saya tertantang ...bisa nggak ya saya datang ..yang saat sekarang saya sebagai ibu dari 3 orang anak dan bukan anak kls 1 smp lagi ..karena hampir semua teman saya ..saya sudah mulai lupa wajahnya,, terkecuali yang terdekat dengan rumah tante saya yang kebetulan didepan sekolah. Nah cerita lucu ..sewaktu kedatangan saya pada malam itu ..rupanya ada sebagian teman - teman yang berada dipelabuhan ..mereka menyapa ..tapi saya hanya tersenyum ..dan ngeloyor pergi ..katanya ..jam 2 malam bro ....suasananya senyap dan sepi dan hanya ada  penjemput....seremmmmm ....maaf ya teman ..jaga jarak ...karena malam dan lagi saya kira preman ..?? ...Setelah paginya ...saya sudah buat status di FB ..pagi teman - temanku semua....eh ..mereka kaget ...malamnya langsung reuni dadakan ...seruuuu ternyata mereka semua ingat saya ..lha saya ..harus berpikir keras mengingat kenangan satu persatu ...karena saya dari sekolah sd sering berpindah tempat ,,lanjut smp juga berpindah tempat..lanjut sma berpindah tempat ..lagi dan kuliah pindah tempat ..sampai kerjapun beberapakali pindah...nah itu masalahnya ... punya banyak teman ..saya harus beradaptasi mengolah memori kenangan saya .....besok pagi mereka mengajak ke spot fhoto keren ...sebenarnya spot itu adalah sawah yang ditanami padi dan sayuran hijau lainnya .. tetapi pada saat saya datang ..tanaman padi dan sayuran hijau tenggelam oleh air ,,,jadilah tambah keren spot fhotonya ...mantapppp...tak lupa saya menyempatkan mancing..bersama adik sepupu yang cantik tapi tomboy ...tapi disini saya kalah ...karena joran pancing yang Dia pakai dari batang bambu ..yang panjang dan agak berat ...tangan manula ini sudah tak sanggup menahannya ..tiba tiba kram ...penat..ngilu....sampai tarikan ikan tidak terasa ..adik sepupu sampai tertawa ..ya itu kak ..terbiasa yang ringan sih ...harus terbiasa kak ..katanya sambil tertawa ..dia memang untuk saat ini ..nanti kalau sampai ditempat saya... balas dan adik sepupu dikirim videonya ..ha.ha.ha. saya tak mau kalah ....Nah setiap pagi selama 3 hari disana ( sebenarnya 5 hari,,kan dihitung pulang perginya 2 hari ) ..saya selalu dapat hantaran sarapan pagi oleh teman teman saya ..hari ini nasi kuning,, besoknya sop ayam ..besoknya bistik ..karena punya teman yang modalnya besar ..kita ikut enakkk ,,,belumlagi ikan segar, kerupuk ..teman teman saya baikkkk dan super baik orang - orangnya...Besok siang ..saya kembali pulang ..sekitar jam 15.00 wita saya sudah berada di kapal lagi ..beda saat ini kapal penumpangnya tidak terlalu sesak dan berjubel ..nah kalau milir ..( istilah antonimnya mudik ) ..lebih cepat karena mengikuti arus yang menuju kehilir ..jam 5.00 pagi saya sudah sampai kekota..sedih berpisah dengan keluarga dan teman - teman yang super baikk ..tetapi silaturahmi tidak pernah terputus karena sekarang ..kita menggunakan media sosial yang beragam ..Tapi berita sedihnya ..sepulang dari mudik ..saya harus konsultasi kedokter ..karena mengalami pusing kepala ..akibat kurang tidur ..walaupun kurang tidur ..terbayar semua yang tidak saya temukan selama puluhan tahun ..semoga ada umur panjang ..saya bisa silaturahmi mudik kampung lagi ...






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

AKSI NYATA MODUL 1.4.a.